SEBAGAI MAHASISWA PENYULUH PERTANIAN YANG NANTINYA AKAN TERJUN DI MASYARAKAT DALAM MEMBERIKAN PENGARAHAN KEPADA PETANI, HARUSLAH MEMILIKI PENGETAHUAN DAN PENGALAMAN YANG CUKUP BAGAIMANA CARA MENYULUH YANG BAIK DI LAPANGAN, SEHINGGA PENYULUH ITU BENAR-BENAR MENJADI MOTIVATOR YANG BAIK DI MASYARAKAT

Kamis, 31 Oktober 2013

MEMBUAT POSTER




                                                                    ACARA I
MEMBUAT POSTER

A.    TUJUAN POSTER
Mahasiswa mampu membuat poster dengan baik dan sesuai dengan
 kaidah media yang benar.
B.     DASAR TEORI
Poster adalah salah satu contoh dari prosuk desain komunikasi visual yang sering kita temui baik itu di jalanan, di dalam mall, di sekolah, atau dimana saja pada umumnya kita akan menemui macam-macam poster dengan berbagai macam isi dan warna. Secara pengertian Poster  atau plakat itu sendiri adalah adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di kertas berukuran tertentu (biasanya besar) Pengaplikasiannya dengan ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Karena itu poster biasanya dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.. Poster juga merupakan media komunikasi yang tepat untuk menyampaikan pesan yang singkat, tapi jelas dan padat.
Poster atau iklan tempel tersebut juga sudah mulai di kenal sejak zaman Mesir kuno, Bahkan sejak sebelum adanya kertas di temukan.Poster pertama yang dibuat adalah poster yang terbuat dari lempengan tanah liat.Lempengan tanah liat itu di tulis dengan menggunakan batang kayu.Poster itu berisi tentang budak yang melarikan diri . Kata “poster” adalah berasal dari kata “to post” yang memiliki arti menempelkan. Sebagai kata benda berarti post (surat).
Poster dapat diartikan tukang menempelkan surat pengumuman atau tempelan itu sendiri. Selain itu, “poster” menurut Graphics Art Encyclopedia berarti: Sebuah tanda besar tampilan produk atau adegan, dicetak pada papan atau kertas halus, tergantung pada hidung. Ini plakat besar yang berhidung untuk Dan promosi penjualan untuk membuat pengumuman kegiatan yang berasal dari dalam terst untuk sejumlah besar orang. Mereka adalah alat komunikasi yang serbaguna dengan banyak kegunaan.

Adapun jenis-jenis poster adalah:
1.      Poster niaga
2.      Poster pendidikan
3.      Poster penerangan
4.      Poster kegiatan
Tujuan poster adalah mendorong adanya tanggapan (respon) dari khalayakdan akan lebih baik apabila kemudian digunakan sbagai media diskusi. Dibawah ini adalah contoh poster kebudayaan yang bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat dalam melestarikan budaya indonesia yang kebetulan berasal dari jawa barat.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster adalah sebagai berikut:
1.      Gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan.
2.      Kata-kata efektif, sugestif, dan mudah diingat.
3.      Tulisan dibuat besar-besar dan mudah dibaca.
4.      Poster dipasang di tempat yang strategis.

C.    ALAT DAN BAHAN
Alat yang digunakan adalah : unit komputer, kamera digital, printer, kertas. Sedangkan bahan yang digunakan adalah file foto, materi informasi.
D.    LANGKAH KERJA
1.      Lakukan penggalian ide
2.      Tentukan pesan yang akan disampaikan secara umum
3.      Tentukan judul bodyteks dan badycopy yang akan digunakan
4.      Gunakan komputer untuk melakukan layout
5.      Sumpan filde yang sudah dilayout
6.      Cetak hasil kerja menggunakan printer pada kertas A4
7.      Lakukan uji coba sebelum diproduksi secara massal
8.      Lakukan revisi
9.      Produksi



E.      HASIL DAN PEMBAHSAN
1.      Hasil
Data yang dikumpulkanmelaluipengamatanlapangandan interview denganpenggunanarkobasuntikmemperlihatkanbahwaresikoterbesarpenularan HIV adalahmelaluipenggunaansecarabersama-samaperalatansuntik. Mulaidarijarumsuntik, air, danwadahpencampur.













2.      PEMBAHSAN
Program penjangkauandilakukanpadakelompoksasaranpenggunajarumsuntik. Data kualitatifmenunjukkankondisilingkungan yang berbedapadatiapkelompok. Usaha meminimalkanresikopadakelompokpenggunanarkobasuntikperlumemperhatikankondisilingkungantiapkelompok. Selainresikopenggunaanperalatansuntikbersama, kondisidansituasidimana IDU beradamerupakanfaktorpentingpendorong IDU melakukanperilakuberesiko.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar